18 Mei 2010

Daftar 30 kendaraan ramah lingkungan


Beberapa perusahaan otomotif di dunia berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang tidak hanya lebih efisien dalam hal bahan bakar, namun juga lebih baik bagi lingkungan tempat tinggal kita. Perusahaan peneliti J.D. Power and Associates, yang bermarkas di Westlake Village, California, mengadakan studi berdasarkan data dari Automotive Enviromental Index (AEI) yang dilangsungkan saat musim gugur 2006, dan mengeluarkan 30 daftar teratas kendaraan ramah lingkungan.

Studi terbaru berdasarkan AEI dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari Perwakilan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan konsumer berkaitan dengan penghematan bahan bakar, polusi udara dan gas rumah kaca bagi

kendaraan keluaran tahun 2006-2008. Penghematan bahan bakar meraih separuh dari respon.

Dari 30 kendaraan yang tercatat dalam daftar, delapan di antaranya memakai campuran gas-listrik. Beberapa kendaraan yang menggunakan bahan bakar hibrid di antaranya Ford Escape Hybrid, Lexus RX 400h, Mercury Mariner Hybrid dan Toyota Highlander Hybrid. Hanya empat model SUV ini yang masuk dalam daftar ini. Truk pickup dan minivan tidak tergolong kendaraan ramah lingkungan. Sedangkan dua kendaraan mewah lain yang masuk dalam daftar J.D Power adalah Lexus RX 400h dan Acura RSX.

Di kalangan perusahaan otomotif, Ford, Honda dan Toyota paling mendominasi daftar ini, dengan menempatkan masing-masing enam model kendaraan dari tiap label perusahaan. General Motors dan Volkswagen menempatkan tiga modelnya. Volkswagen, perusahaan otomotif asal Jerman berhasil memasukkan Golf, Jetta dan New Beetle ke dalam 30 daftar kendaraan teratas. Sementara, beberapa model versi dieselnya gagal masuk.

Menurut studi, minat masyarakat terhadap bahan bakar hibrid dan kendaraan berbahan bakar alternatif seperti diesel atau E85 boleh dibilang tinggi. Kenyataannya, J.D Power melaporkan responden yang memilih mobil dengan bahan bakar bensin hanya mencapai angka kurang dari 25 persen.

Namun ada beberapa kesalahpahaman. Konsumen membeli kendaraan berbahan bakar hibrid dengan harapan dapat lebih menghemat bahan bakar sebanyak 28 mpg dibanding apabila menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin. Namun dalam kenyataannya, menunjukkan pembeli kendaraan hibrid hanya dapat menghemat 9 mpg. Pembeli kendaraan diesel juga dikecewakan, dari ekspektasi 21 mpg yang diharapkan, ternyata mereka hanya dapat menghemat 12 mpg.

“Satu dari tantangan terbesar bagi bahan bakar alternatif adalah bahwa konsumen biasanya mengharapkan ekspektasi yang tidak realistis terhadap kemampuan kendaraan-kendaraan ini untuk menghemat bahan bakarnya,” kata Marshall. “Dan khususnya dalam masalah hibrid, ketepatan performa bahan bakar seringkali tidak sesuai dengan perkiraan EPA. Pendidikan mengenai teknologi dan manfaatnya dirasa perlu agar konsumen memahami. Menyelaraskan ekspektasi konsumen dan mengurangi harga bahan bakar akan sangat membantu dalam mempercepat penerimaan masyarakat.”

AEI melibatkan data dari 4.000 konsumer yang berencana membeli kendaraan dalam jangka dua tahun ke depan. Berikut 30 daftar teratas kendaraan ramah lingkungan sesuai abjad, menurut studi yang dilakukan J.D Power:

* Acura RSX
* Chevrolet Aveo
* Chevrolet Cobalt
* Ford Escape Hybrid
* Ford Focus
* Ford Focus Wagon
* Honda Accord
* Honda Accord Hybrid
* Honda Civic
* Honda Civic Hybrid
* Honda Insight
* Hyundai Accent
* Hyundai Elantra
* Kia Rio
* Kia Spectra
* Lexus RX400h
* Mazda Mazda3
* Mazda MX-5 Miata
* Mercury Mariner Hybrid
* Nissan Sentra
* Saturn Ion
* Scion xA
* Suzuki Reno
* Toyota Camry
* Toyota Corolla
* Toyota Highlander Hybrid
* Toyota Prius
* Volkswagen Golf
* Volkswagen Jetta
* Volkswagen New Beetle

0 komentar:

Poskan Komentar