15 Mar 2010

Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan


Jepang sebagai negara raksasa industri otomotif kini telah mencanangkan green technology untuk industri otomotifnya yang akan direalisasikan dalam bentuk produksi massal menggantikan kendaraan tenaga BBM secara bertahap.
Saat ini, Jepang menjadi negara termaju dalam pengembangan mobil tenaga hidrogen dan listrik dibandingkan dengan AS. Padahal perintisnya AS yang semula lebih ngotot pada pengembangan mobil tenaga hidrogen dan listrik. Akan tetapi, justru Jepang secara diam-diam melakukan lompatan jauh untuk teknologi ramah lingkungan bebas dari ketergantungan minyak bumi.

NISSAN misalnya, berencana menjual mobil listriknya di AS dan Jepang tahun 2010 dengan penjualan global 2012. Toyota juga tengah melakukan uji coba di berbagai kota di Jepang, AS, dan Eropa, untuk mobil hibrida sistem isi ulang listrik yang relatif cepat. kemajuan pesat Jepang di industri mobil green technology memberi dampak positif untuk perkembangan ekonomi Jepang.
Sebelum negara lain di dunia peduli pada efisiensi tenaga minyak bumi karena Jepang tak menghasilkan minyak, bertahap sejak 1985 memfokuskan pada teknologi tenaga nonminyak bumi. Hasilnya kini Jepang menjadi negara nomor 1 untuk industri baterai dengan produknya yang paling efisien.

0 komentar:

Poskan Komentar